0L6Bko5ip1Y8H8v2DuiAHsbZeT8SgspSwu7u5IT9

Aneka Resep: Kue Kembang Goyang (Kembang Duren) Anti Gagal

Kue Kembang Goyang (Kembang Duren). Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi. Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kembang goyang or kuih loyang is an Indonesian and Malaysian flower-shaped traditional snack (kuih), associated with Betawi cuisine and Malay cuisine.

Kue Kembang Goyang (Kembang Duren)

Namun dengan rasanya yang enak dan gurih, kue ini memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga banyak masyarakat yang menjadikan kue ini sebagai camilan hariannya. Dalam proses membuatnya memang cukup gampang.

Anda sedang mencari inspirasi resep kue kembang goyang (kembang duren) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue kembang goyang (kembang duren) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue kembang goyang (kembang duren), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue kembang goyang (kembang duren) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Kue Kembang Goyang adalah salah satu kue tradisional khas Betawi. Nama kembang goyang berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Kue kembang goyang or kuih loyang is an Indonesian and Malaysian flower-shaped traditional snack (kuih), associated with Betawi cuisine and Malay cuisine.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue kembang goyang (kembang duren) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Kue Kembang Goyang (Kembang Duren) memakai 7 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kue Kembang Goyang (Kembang Duren):

  1. Gunakan 250 gram tepung beras.
  2. Ambil 250 gram tepung tapioka/sagu.
  3. Sediakan 150 gram gula halus (sesuai selera).
  4. Ambil 1 sdt garam.
  5. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk.
  6. Siapkan 2 butir telur.
  7. Ambil 2 gelas air (dicampur dengan 1 sdt kapur).

Kembang Goyang Anti Gagal (Renyah&Enak) SiJune. Kembang goyang adalah jajanan tradisional Indonesia yang berbentuk bunga. Kembang goyang anti gagal,renyah dan gak keras. tepung beras, tepung maizena, gula pasir, Vanelli, telur, Air, Wijen, Minyak goreng. Kembang goyang memang banyak dijual di luar.

Langkah-langkah membuat Kue Kembang Goyang (Kembang Duren):

  1. Campur semua bahan ke dalam wadah lalu aduk sampai halus tidak bergerindil.
  2. Tuang minyak kedalam wajan..panas kan bersama dengan cetakan kembang goyang / kembang duren.
  3. Setelah cetakan cukup panas celupkan keadonan segera angkat(jika cetakan kurang panas adonan tidak akan menempel sempurna,jangan sampai menutupi seluruh cetakan ya bisa2 ntar adonannya gk bisa lepas).
  4. Goreng diminyak panas hingga kedua sisi ny kecoklatan/matang, gk usah sering dibolak balik ya.
  5. Kembang goyang / kembang duren siap di santap bersama teh hangat.

Tapi bila ada waktu, tidak ada salahnya kan bila anda membuatnya sendiri. Lebih lezat, terjamin kebersihan & minyak yang digunakan, serta bisa disesuaikan selera. Kue kembang goyang juga dikenal dengan nama kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatera. Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, biasanya memakai kue kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan, seperti hari raya Nyepi. Kue kering ini dinamakan kue kembang goyang karena memang cara membuatnya dengan cara di goyang- goyang hingga adonan terlepas dari cetakannya sehingga terbentuk seperti kelopak bunga atau kembang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue kembang goyang (kembang duren) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates