0L6Bko5ip1Y8H8v2DuiAHsbZeT8SgspSwu7u5IT9

Resep Sambal Tempoyak (Sambal Durian Palembang), Bikin Ngiler

Sambal Tempoyak (Sambal Durian Palembang). Sambal khas Palembang yang terbuat dari campuran cabai, bawang dan fermentasi durian ini kembali populer sejak istri dari Junior Liem Selain Palembang, masyarakat Melayu di daerah Bengkulu, Lampung dan Kalimantan juga menggunakan sambal tempoyak sebagai lauk untuk menyantap nasi. Tempoyak adalah hasil dari fermentasi durian. Tempoyak lebih sering digunakan sebagai campuran bahan dalam masakan, seperi sambal tempoyak udang.

Sambal Tempoyak (Sambal Durian Palembang)

Jual Tempoyak Palembang Asli di Tobelo. Sambal Tempoyak Durian - Tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, saya tak tau bagaimana asal usul dari bumbu kuliner Tempoyak ini yang jelas kecuali lebih diketahui di Gambar terkait Sambal Tempoyak Durian. Sambal tempoyak khas palembang ini rasanya enak sekali, cita rasa asam durian yang sudah difermentasi (tempoyak) dipadu dengan bumbu-bumbu yang pas sedap.

Anda sedang mencari ide resep sambal tempoyak (sambal durian palembang) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal tempoyak (sambal durian palembang) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal tempoyak (sambal durian palembang), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal tempoyak (sambal durian palembang) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Sambal khas Palembang yang terbuat dari campuran cabai, bawang dan fermentasi durian ini kembali populer sejak istri dari Junior Liem Selain Palembang, masyarakat Melayu di daerah Bengkulu, Lampung dan Kalimantan juga menggunakan sambal tempoyak sebagai lauk untuk menyantap nasi. Tempoyak adalah hasil dari fermentasi durian. Tempoyak lebih sering digunakan sebagai campuran bahan dalam masakan, seperi sambal tempoyak udang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sambal tempoyak (sambal durian palembang) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Tempoyak (Sambal Durian Palembang) memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal Tempoyak (Sambal Durian Palembang):

  1. Ambil 200 gr tempoyak atau daging durian.
  2. Ambil 200 gr udang.
  3. Sediakan 2 papan pete segar.
  4. Sediakan 10 buah rawit burung merah.
  5. Sediakan 10 buah cabe merah keriting.
  6. Siapkan 8 siung bawang merah.
  7. Siapkan 1 batang sereh, geprek.
  8. Gunakan Secukupnya garam.
  9. Ambil Secukupnya gula (saya bisa 2-3sdm).
  10. Gunakan 100 ml minyak sayur.

Resep dengan petunjuk video: Tempoyak adalah durian yang difermentasi. Bagi masyarakat Melayu di Bengkulu, Palembang, Lampung, Kalimantan dan Semenanjung Tempoyak biasa dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak atau tempuyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi.

Cara menyiapkan Sambal Tempoyak (Sambal Durian Palembang):

  1. Haluskan cabe dan bawang..
  2. Panaskan minyak, tumis cabe hingga harum matang. Lalu tambahkan sereh dan udang. Aduk rata..
  3. Setelah udang setengah matang, tambahkan tempoyak dan garam. Aduk rata. Gunakan api sedang mendekati kecil..
  4. Jika sudah oke, sambal siap dinikmati dan bisa tahan hingga 2 minggu di suhu ruang. Selamat mencoba!! 🤗.
  5. Masukkan pete dan gula, koreksi rasa, kecilkan api. Masak hingga sambal keluar minyak, agar tanak tidak cepat basi. Bisa sampai 10 menit, sambil sesekali diaduk..
  6. NOTE: jika pakai tempoyak, agar rasanya seimbang, bisa menambahkan gula sedikit lebih banyak dari takaran dibandingkan dengan menggunakan daging durian asli. Sesuaikan lidah masing-masing ya 🙂.

Kali ini chef kapau akan berbagi resep dan cara membuat sambal Tempoyak. Bahan utamanya adalah buah yang sangat fenomenal, yaitu Durian alias Duren. Bagi masyarakat Melayu di Bengkulu, Palembang, Lampung, Kalimantan dan Semenanjung Tempoyak biasa dikonsumsi. Sambal Tempoyak dari Bengkulu siap menambah nafsu makan. Tempoyak adalah daging buah durian yang diberi garam dan difermentasi beberapa Tumis cabai halus hingga harum.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal tempoyak (sambal durian palembang) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates